7 Add-ons Peramban Firefox yang wajib dipasang

se7mozilla-firefox-logoentime – Peramban yang saya gunakan saat ini adalah Firefox, walau sebelumnya bolak balik dari dan ke google chrome, chromium, min-browser, epiphany. Di Firefox ada 7 Add-ons yang wajib saya pasang untuk kegiatan komputasi sehari-hari, berikut daftarnya.

1. Feedly Notifier

Cara utama saya mendapatkan pembaruan artikel atau berita saat ini adalah lewat berlangganan umpan RSS, layanan yang digunakan yakni Feedly. Dengan menggunakan Add-ons ini kita akan mendapatkan notifikasi otomatis ketika ada artikel atau berita yang baru terbit diwebsite yang sebelumnya sudah dimasukkan ke feedly (alamat umpan RSSnya). Bisa juga kita non-aktifkan kategori tertentu agar tidak tampil notifikasinya di Feedly Notifier, dengan cara ini maka akan saling sinkron antara berita yang sudah dan belum terbaca baik di Add-ons ini, Website Feedly, dan aplikasi Feedly di Android.

Pengembang: Oleg Shevchenko

2. FlashGot

Add-ons ini saya gunakan untuk diduetkan dengan aplikan manajer unduhan ugetdm di GNU/Linux. Klik kanan ditautan yang ingin kita unduh dan pilih “FlashGot Link” maka unduhan akan otomatis diambilalih ugetdm, sebelumnya diatur terlebih dahulu untuk menjadikan ugetdm sebagai manajer unduhan bawaan dipengaturan FlashGot

Pengembang: Giorgio Maone

3. LastPass

Sering membuat akun? baik sosmed, forum, website dsb? Ribet menghafal semua kata sandi? Add-ons LastPass lah yang saya gunakan, buat kata sandi unik secara otomatis dan semua akun kita tersimpan secara cloud, jika sewaktu-waktu butuh, tinggal masuk log sekali ke akun LastPass kita. Untuk penggunaannya saya duetkan dengan KeePass di GNU/Linux, LastPass untuk akun yg agak tidak terlalu penting, dan KeePass yang agak terlalu penting. duet antara daring (online) dan luring (offline).

Pengembang: LastPass

4. Menu Wizard

Add-ons yang satu ini digunakan untuk menyunting context menu Firefox (klik kanan lalu muncul banyak pilihan), saya pilih hanya context menu yang benar-benar saya gunakan jadi lebih simpel dan mudah ketika klik kanan dimouse.

Pengembang: Oleksandr

5. uBlock Origin

Agar lebih mempercepat pemuatan web dan lebih ringan penggunaan memori dan cpu komputer, saya menggunakan Add-ons yang satu ini. Sangat kerasa sekali bedanya jika menonaktifkan uBlock Origin, terlebih ketika mengunjungi situs yang banyak sekali iklannya. Bukannya saya benci iklan, namun karena kemampuan komputer dan koneksi beserta kuota yang ada terbatas maka agar lebih efisien dan hemat menggunakan add-ons ini. Untuk beberapa situs saya masukkan ke Daftar Putih (whitelist) jika dirasa perlu.

Pengembang: Raymond Hill

6. VimFx

Ingin mengurangi penggunaan tetikus (mouse) ketika berselancar didunia maya seperti saya? Maka anda bisa menggunakan Add-ons VimFx, memang butuh beradaptasi dengan jalan pintas2 yang disediakan VimFx, namun ketika terbiasa akan nyaman. Yang pasti akan lebih jarang lagi menggunakan mouse untuk berselancar di Internet ketimbang sebelumnya, dan mungkin bisa lebih efisien dan lebih cepat.

Pengembang: akhodakivskiy

7. Evernote Web Clipper

Beberapa minggu ini saya kembali lagi menggunakan Evernote sebagai “tempat menaruh apa saja”, baik catatan, ide, daftar yang ingin dikerjakan (todo list), beberapa foto dan sebagainya. Dengan menggunakan add-ons Evernote Web Clipper, kita dengan mudah menyimpan artikel yang sedang kita baca ke catatan Evernote agar bisa dibaca nantinya atau sebagai arsip. di GNU/Linux menggunakan NixNote2 sebagai klien dari Evernote agar bisa melihat dan mengerjakan semua catatan kita secara luring (offline)

Pengembang: Evernote

Selesai

Bagaimana dengan anda? add-ons apa saja yang wajib dipasang diperamban firefox?

2 tanggapan untuk “7 Add-ons Peramban Firefox yang wajib dipasang

Tinggalkan Balasan

