Pengalaman pertama menggunakan i3 tiling window manager

logo-i3wmSe7enTime – Sudah lama sebenarnya tau tentang tiling window manager dari thread Kaskus Linux Desktopholic sebaga tempat untuk sharing tangkapan layar GNU/Linux desktop masing-masing beserta berbagai bumbunya. Tertulislah berbagai macam DE atau WM mulai dari GNOME,Cinnamon,XFCE,Openbox,Awesome,i3wm dan yang lainnya. Untuk DE komplit sudah beberapa yang saya semisal Unity,XFCE,KDE,Cinnamon,GNOME dan lain sebagainya. Nah untuk jenis yang kedua (yakni WM) walau sudah dari dulu tau tapi belum pernah saya instal dan coba. Dan akhirnya setelah makin penasaran beberapa waktu yang lalu lihat artikel dari Fedora Magazine tentang i3. tadi malam dicoba juga untuk pertama kalinya instal tiling window manager i3wm. Berikut pengalaman saya satu hari bersama tiling window manager.

Persiapan

Pertama saya instal paket yang dibutuhkan

pacman -S i3-wm i3lock i3status dmenu

Penjelasan singkat:

i3-wm: Jelas paket utama dari i3wm itu sendiri

i3lock: Digunakan untuk mengunci layar i3wm kita, dan untuk membukanya tinggal ketik kata sandi kita (awal saya kira fungsinya semacam shutdown / poweroff)

i3status: Semacam gnome-panel atau xfce4-panel yang secara baku berada dibawah dan menampilkan sedikit info tentang sistem kita saat ini

dmenu: Peluncur aplikasi, untuk mumbuka sebuah aplikasi kita akan membutuhkan dmenu yang secara baku akan berada dibagian atas

Setelah selesai terinstal semua, langkah selanjutnya adalah masuk ke sesi i3 dengan cara keluar (logout) lalu pilih i3 dimenu dropdown sebelah kanan nama pengguna (saya menggunakan gnome display manager)

Konfigurasi awal

Setelah masuk ke lingkungan i3, yg tampil hanya sebuah kotak dialog pembuatan berkas konfig untuk memilih dibuatkan berkas konfig ke ~/.config/i3/config atau secara baku (default). Saya pilih yang “Yes, generate the config file“. Selanjutnya disuruh memilih tombol $mod key antara tombol Alt atau Super/Ikon Windows. $mod key ini semacam tombol untuk menavigasikan berbagai hal yang menyangkut window manager. Saya memilih menggunakan tombol Super sebagai $mod key

Selamat datang di i3 tiling window manager (layar hitam dan panel kecil dibagian bawah), mouse anda saat ini tidak bisa dipakai, silakan coba klik kanan kiri tengah dimanapun tidak ada yang bisa diklik (saya coba sendiri). Gunakan perintah $mod key + d untuk menjalankan aplikasi dmenu dan ketikkan aplikasi yang ingin anda gunakan lalu tekan enter. Konfig bakunya semua perintah yang tersedia akan muncul di dmenu. Tekan $mod key + d lagi dan cari lalu tekan enter maka jendela monitor anda akan terbelah dua secara vertikal. Untuk awalnya jaringan internet sudah otomatis tersambung tanpa perlu dikonfigurasi (saya menggunakan Wi-Fi) dan bingung juga bagaimana cara mengatur tinggi rendahnya volume audio (belum berani buka berkas audio atau video khawatir tiba-tiba volume master 100%). Sudah selesai dulu mencoba i3 maka mari kita keluar, jangan kaget kalau tidak ada tombol shutdown,restart, dan sebagainya. Cukup ketikkan perintah berikut untuk mematikan GNU/Linux anda.

systemctl poweroff

yang saya alami, kebingungan setelah mengetik i3lock yang saya kira untuk mematikan tenaga (shutdown/poweroff) karena layar putih dan terpaksa tanpa pikir panjang tekan tombol power yang ada dilaptop cukup lama untuk mematikan paksa.

2 tanggapan untuk “Pengalaman pertama menggunakan i3 tiling window manager

Tinggalkan Balasan

