Beberapa cara mengamankan Data Situs di peramban Chromium / Google Chrome

cara-logout-otomati-google-chrome-firefox-browser

Se7enTime – Salah satu bentuk keamanan yang bisa dilakukan untuk mengamankan akun-akun yang sudah masuk log (log in) diperamban laptop/pc kita adalah dengan Menghapus Data Lokal (Cookie) secara otomatis setiap peramban ditutup.

Contoh Kejadian jika laptop/pc dalam keadaan mati atau peramban sudah ditutup kemudian ada orang yang iseng atau ingin menyalahgunakan laptop kita, maka ketika dia membuka aplikasi chromium / google chrome dan ingin melihat-lihat, maka yang tampil diperamban seperti halnya baru diinstal ulang, semua situs yang sebelumnya kita sudah masuk log (log in) misal twitter,facebook,kaskus dan lain-lain akan otomatis keluar log (ter log out) ketika peramban kita tutup.

Bagaimana caranya? Saya menggunakan peramban Chromium (sama saja untuk pengguna Google Chrome. Klik disini untuk jalan pintas

  1. Pilih ikon strip tiga dipojok kanan atas
  2. Pilih Setelan
  3. Pilih “Tampilkan setelan tingkat lanjut”
  4. Pilih Privasi > Setelan konten
  5. Dibagian cookie > pilih “Simpan data lokal hanya sampai Anda menutup browser/peramban”

Sampai sini sebenarnya sudah selesai, ketika anda masuk log (log in) ke berbagai situs, kemudian anda menutup peramban, secara otomatis chromium akan menghapus semua data lokal yang ada simpelnya keluar log (log out) semua. Maka ketika membuka kembali aplikasi peramban tersebut (chromium) dan mengunjungi situs yang tadi sudah kita masuk log maka harus kita masukkan kembali nama pengguna dan kata sandinya.

Yang saya lakukan untuk mempermudah ketika masuk log kembali adalah dengan menggunakan bantuan ekstensi LastPass. Cukup masuk sekali ke akun LastPass saya (tambahkan lapis keamanan dengan mengaktifkan fitur Two-Factor Authentication yang disediakan LastPass), maka untuk beberapa situs lainnya bisa sekali klik untuk masuk log tidak perlu memasukkan nama pengguna dan kata sandi secara manual.

Cuplikan Layar diatas anda bisa lihat ada pilihan “Kelola pengecualian”, fungsinya jika anda tidak ingin repot memasukkan kata sandi ketika membuka aplikasi chromium maka masukkan alamat situs tersebut ke Daftar pengecualian. Contohnya saya ingin memasukkan google ke daftar putih (whitelist) maka masukkan [*.]google.com ke pola hostname dan pilih Izinkan untuk bagian Perilaku. Maka semua subdomain google (misal drive.google.com, inbox.google.com, docs.google.com) akan tidak ikut terhapus walau chromium sudah kita tutup, hal ini berguna bagi saya yang cukup sering menggunakan berbagai layanan google.

Lalu bagaimana jika kejadian laptop/pc kita disalahgunakan (dicuri/iseng) dalam keadaan akun google masih aktif di chromium / google chrome? Maka manfaatkan fitur keamanan dari google. Klik disini (masuk log dahulu, bisa menggunakan perangkat hp atau yang lainnya) lalu ikuti langkah demi langkahnya, jika sudah sampai ke bagian “Periksa izin akun” lihat perangkat yang terhubung, dalam hal ini perangkat laptop kita, disaya tertera nama “archlinux” dan keterangan “Memiliki akses penuh ke Akun Google Anda” dan klik hapus untuk menghapus akses akun google yang ada dilaptop yang disalahgunakan (entah dicuri/iseng) agar keluar log (ter log out) secara otomatis ketika peramban mendapatkan akses internet.

Semoga bermanfaat untuk yang membaca terutama untuk saya sendiri sebagai bentuk dokumentasi. Jangan sungkan untuk berkomentar atau menyapa saya baik di telegram atau di twitter.

Iklan

2 tanggapan untuk “Beberapa cara mengamankan Data Situs di peramban Chromium / Google Chrome

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s