Apa itu sistem init?

Kembali ke Fedora 15, Fedora memperkenalkan sebuah bagian utama perangkat lunak yang disebut systemd. systemd adalah koleksi dari alat untuk berbagai keperluan kerja yang berbeda. Systemd utamanya bertujuan untuk inisialisasi, manajemen dan pelayanan penelusuran sistem dan daemons di Fedora, semuanya saat baru memulai dan ketika sistem berjalan. Di versi Fedora sebelumnya, pekerjaan tersebut dilakoni oleh SysVinit (System V init, atau juga init).

Untuk memahami tujuan utama systemd – inisialisasi sistem operasi Fedora – pertama kita butuh untuk mengerti apa yang sebenarnya dikerjakan oleh sistem init.

Booting dan inisialisasi

Komputar kamu baru hidup atau memproses boot dimulai dengan perangkat lunak BIOS (Basic Input / Output System) di motherboard. Setelah selesai memeriksa dan menginisialisasi perangkat keras, BIOS menjalankan bootloader (dalam kasus Fedora adalah GRUB). Bootloader mengakses Master Boot Record (MBR) di penyimpanan perangkat kamu, biasanya harddisk. Dia menggunakan data yang ada disana untuk menemukan dan memulai kernel Linux.

Sistem init adalah proses pertama yang dijalankan di Fedora setelah kernel berjalan. Faktanya, sistem init selalu mendapatkan Process ID (PID) nomer 1 di sistem. Proses ini selalu di eksekusi oleh kernel Linux setelah tahap awal bootup diselesaikan oleh BIOS dan bootloader (GRUB).

Daemons dan proses lainnya
Sistem init kemudian harus memulai semua daemon yang dibutuhkan, proses latar belakang dan layanan dibutuhkan untuk membuat sistem operasi dapat bekerja. Contohnya seperti proses memulai layar booting, beberapa bagian dari tumpukan jaringan, dan perangkat keras dimesin anda.

Seringkali proses tersebut lanjut berjalan dilatar belakang setelah mereka mulai berjalan, dan disebut iblis. Daemons tersebut mengatur banyak bagian disistem anda, seperti merekam informasi log, melihat perangkat anda dimasukkan atau dilepas, dan mengatur masuk log pengguna.

Untuk melihat semua proses dan daemon yang diatur oleh systemd sistem init di sistem Fedora, gunakan perintah systemctl diterminal untuk membuat daftar tersebut.

Setelah inisialisasi, sistem init selalu berjalan, sepanjang sistem kamu tetap berjalan, dan dia mengatur proses yang telah dimulai, dan mengizinkan yang lainnya untuk memulai, berhenti dan mulai lagi ketika OS sedang berjalan.

Mengatur dengan systemd
Sistem init dapat juga digunakan untuk menjalankan layanan dan daemon lainnya. Contohnya, jika kamu ingin mesin kame memulai webserver saat booting. Kamu dapat memberitahu systemd untuk menjalankan daemon httpd ketika booting:

sudo systemctl enable httpd

Jika kamu ingin vebserver langsung berjalan, cukup mudah:

sudo systemctl start httpd

Ketika kamu sudah memulai layanan, kamu dapat memeriksa status dari layanan dengan

systemctl status httpd

Ini hanya contoh yang simpel bagaimana mengatur layanan yang spesifik dengan systemd. Mengatur sistem Fedora kamu dengan systemd tidak terlalu sulit. Wiki komunitas Fedora mempunyai halaman mengenai systemd untuk membantu kamu belajar dengan cepat perintah yang sering digunakan dalam systemd. Terdapat juga contekan SysVinit ke systemd untuk membantu kamu menerjamahkan, dalam kasus kamu telah terbiasa menggunakan perintah SysVinit.

Serial pengenalan systemd
Ini adalah awal dari serial artikel mempelajari penggunaan systemd. Serian ini aka berasumsi bahwa kamu telah membaca halaman perkenalan systemd. Ketika kamu telah menyelesaikannya, serial ini akan memperlihatkan ke kamu jalan yang menarik untuk menggunakan systemd, dan menjelaskan bagaimana hal itu terjadi. Bersiaplah untuk bersenang-senang, kamu akan mempelajari lebih jauh mengenai mengatur Fedora!

By Ryan Lerch from Fedora Magazine

Iklan

2 tanggapan untuk “Apa itu sistem init?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s