Pertanyaan yang Sering Diajukan Berkenaan Android Marshmallow

Beberapa hari ini ane sering menjumpai pertanyaan yang berulang-ulang, sampe bosen. Ini ane bikinin FAQ nya aja, nt baca kalo ada pertanyaan lagi, tinggal taruh di komen, biar ane update.

Q: KAPAN ANE DAPET UPDATE GAN?!
A: Kapan-kapan. Hape nt masih antri om.

Q: Kok antri? Merk sebelah langsung serentak loh… ane pindah aja kalo gitu.
A: Pindah aja om, kalo emang nt mau pindah. Yang nentuin antri bukan ane, tapi Google.

Q: Kalo mau ga antri gimana?
A: nt download file OTA dari salah satu member di sini, atau download backup ataupun flashable zip full ROM dari salah satu member di sini.

Q: Ane maunya dapet sendiri gan, bisa ga dipaksa, katanya suruh clear data apa gitu…
A: Clear data ga disarankan, bahkan oleh salah satu insinyur android dari Google juga tidak menyarankan.

Q: Gan, ane udah dapet file nya nih, tapi pas di install GAGAL ._.
A: Berarti ada modifikasi di sistem nt. Coba nt post gambar pas error, atau nt catat dengan detil (jangan cuma error blablabla).

Q: Dulu pernah root sih, tapi udah ane unroot kok sebelum install…
A: Unroot saja tidak cukup.

Q: Trus gimana dong solusinya?
A: Nt download backup full ROM nya aja dari salah satu member di sini. Atau kalo mau yang flashable zip juga ada.

Q: Ribet amat sih, kenapa kok gitu?
A: Kalo mau ga ribet, biasakan backup sebelum utak-atik.

Q: Ane udah berhasil update ke marshmallow gan!
A: Baguslah kalo gitu, ga usah repot-repot posting gambar doodle atau about phone ya…

Q: Katanya di marshmallow ada tema gelapnya? Kok ane cari ga ada?
A: Dulu sih ada, pas masih developer preview yang pertama, lalu dihapus oleh Google di versi berikutnya.

Q: Trus, kalo ane mau tema gelap gimana dong?
A: Root dulu, trus install Layers Manager, trus install tema Layers yang bernuansa gelap.

Q: Rootnya gimana gan?
A: Install stock ataupun custom kernel yang sudah siap root, trus install SuperSU.

Q: Kenapa harus gitu?
A: Karena marshmallow lebih aman, jadi ga bisa di root sembarangan.

Q: Katanya ada fitur multi-window?
A: Ada, tapi tersembunyi, harus edit build.prop

Q: Kalo edit build.prop, berarti nanti ga bisa install OTA selanjutnya?
A: Iya, jadi ga bisa install OTA selanjutnya. Makanya di backup dulu.

Q: Gan, aplikasi X ga bisa jalan/FC di hape ane.
A: Coba install ulang dulu om, dan pastikan izin aplikasinya udah bener. Kalo masih ga bisa, kemungkinan harus menunggu dari pihak pengembang aplikasinya buat pembaruan dukungan android yang baru rilis ini.

Q: Izin aplikasi? Apa lagi tuh gan?
A: Di marshmallow, aplikasi ga langsung dikasih izin untuk akses hape nt om, jadi privasi lebih terjaga.

Q: Trus gimana ane mau ngatur izinnya gan?
A: Masuk pengaturan sistem – Aplikasi – pilih aplikasinya – Izin – Centang yang nt perlukan (kalo masih error, centang semuanya aja dulu).

Q: Gan, pas ane tancepin ke PC, kok ga kedetek?
A: Coba nt tarik statusbar, nanti di bawah ada kotak notifkasi tulisannya “USB untuk pengisian daya”, nt tekan, trus pilih MTP.

Q: Katanya ada Google Now on Tap, kok ane cari ga ada?
A: Sementara cuma ada kalo hape nt pake bahasa Inggris om.

Q: Hape ane udah bahasa Inggris gan, cara ngaktifinnya gimana?
A: Masuk System Settings – Google – Search & Now – Now Cards – Aktifkan Now on Tap

Q: Itu fitur baru yang tentang SD Card maksudnya gimana sih gan?
A: Itu, pilihan pertama ya SD Card seperti biasa, pilihan kedua bikin SD Card nt jadi perpanjangan memori internal.

Q: Jadi, bisa simpen aplikasi di SD Card tanpa harus root atau pindah ke ROM India/sprout4?
A: Iya, benar sekali.

Q: Katanya nanti SD Card ane diformat?
A: Iya, jadi backup dulu data penting di dalamnya.

Q: Kenapa kok harus diformat dulu?
A: Biar ga bisa dipake di hape lain, jadi menghindari pembajakan juga.

Q: Katanya cuma merk SanDisk yang boleh pake fitur ini?
A: Nggak, semua SD Card boleh kok, cuma usahakan minimal class 10 ya…

Q: Gan, aplikasi file explorer ane keluar error habis format sdcard jadi memori internal… Gimana dong?
A: Matiin hape, trus hidupin lagi, beres.

Sementara itu dulu, FAQ diperbarui kalo ada pertanyaan baru lainnya.

Thread terkait:

By Abdul Aziz Amar from Android One Group Indonesia

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s