Jelajahi langit malam dengan Stellarium di Fedora

Pernah melhat langit malam dan coba untuk mengidentifikasi jutaan benda luar angkasa yang dapat anda lihat? Stellarium adalah aplikasi planetarium sumber terbuka yang mengagumkan tersedia di Fedora untuk membantu kamu mengidentifikasi dan melacak object di langit malam. Pada dasarnya, dia akan mensimulasikan langit malam dan memberikan nama dan alat lainnya untuk membantu kamu apa yang sebenarnya sedang kamu lihat.

Mencari objek di langit malam

Stellarium menamai objek dilangit malam yang penting, dan memberikan arah nama sebagaimana juga membantu mengidentifikasi objek dilangit. Ada juga opsi untuk memperlihatkan nama untuk deep-sky objetcs dan exoplanets.

general1

Mengidentifikasi konstelasi

Stellarium juga menggambar garis antara dan nama banyak bintang yang membuat konstelasi, dan juga mempunyai mode dimana melihat karya seni lapisan konstelasi lewat simulasi langit.

constell

Lihat langit malam darimana saja

Kamu juga dapat mengatur lokasi ke manapun di Bumi (atau Mars, atau benda lainnya) dimana kamu ingin melihat simulasi langit malam

mars

Stellarium juga dapat melakukan banyak hal lainnya, seperti mulihat bagaimana Supernova terlihat dari bumi saat titik sebelumnya di sejarah, melihat hujan meteor, identifikasi dan melacak satelit sekeliling bumi seperti International Space Station, dan juga mengikuti benda spesifik lewat langit. Juga, jika kamu mempunyai teleskop yang kompatibel, kamu dapat menggunakan stellarium untuk mengontrol posisi teleskop kamu.

Stellarium tersedia di Official Fedora Repositories, jadi kamu dapat menginstall lewat aplikasi Software di Fedora Workstation, atau lewat baris perintah dengan perintah:

sudo dnf install stellarium

By Ryan Lerch from Fedora Magazine

Iklan

#ryan-lerch